oleh

Tips dan Trik Cegah Penularan Rabies

PAREPARE, CYBERPARE.Com, — Penyakit rabies biasa disebut penyakit anjing gila. Penyebabnya adalah virus rabdovirus yang didapatkan dari hewan penular rabies seperti anjing, kucing, monyet.

Hal ini diungkap Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Parepare, Sriyanti Ambar.

Sriyanti mengemukakan, menurut data penyebab rabies terbesar pada manusia karena gigitan anjing.

“Penularan virus rabies ditularkan melalui liur hewan dan dapat menular dari hewan ke hewan, hewan ke manusia dan ada juga yang dapat menularkan dari manusia ke manusia,” ungkap Sriyanti.

Untuk penularan dari hewan ke manusia dapat melalui jilatan hewan penular rabies ke luka manusia. Dapat melalui cakaran dan dapat juga melalui gigitan.

“Untuk mencegah penularannya dari hewan ke manusia diharapkan ketika terjadi jilatan cakaran gigitan, pencegahan pertama dengan melakukan cuci luka yang benar dengan menggunakan sabun selama 15 menit. Itu untuk mematikan sifat kimia dari virus rabies dan segera kunjungi Rabies Centre Parepare,” ingat Sriyanti.

Cuci lukanya bisa dilakukan oleh masyarakat tetapi dengan cara yang benar. Jika belum tahu cara cuci luka yang benar, sebaiknya ke Rabies Centre Puskesmas, Dinas Kesehatan.

“Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan hewan sebagai sumber penularannya. Diharapkan dapat menghubungi Callnak Centre Dinas PKP,” lanjut Sriyanti.

Namun jika sudah terjadi gigitan, maka itu menjadi tugas Dinas Kesehatan untuk menangani melalui Rabies Centre. Sementara untuk hewan berurusan dengan Callnak Centre Dinas PKP. (Ad)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *