Salo Makkatoangge, Objek Wisata Baru di Kabupaten Barru 

BARRU, Cyberpare.com — Beberapa bulan terakhir, warga sekitar Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Menemukan satu aliran sungai yang menakjubkan. Selain airnya yang jernih sungai ini menghubungkan beberapa anak sungai di Wilayah Desa Malumba Kecamatan Mallusetasi.

Desa Malumba yang dikenal sebagai area persawahan, ternyata menyimpan tempat wisata Alam yang lebih indah dan menakjubkan.

Aliran sungai ini oleh warga sekitar disebut “Salo Makkatoangge” Letaknya sekitar 1 KM dari areal persawahan masyarakat sekitar. Wilayah Desa Malumba Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan

Disebut Salo Makkatoangge, karena Kondisi Sungai yang lebih memiliki Kolam air yang mirip Baskom (Katoang, dalam Bahasa Bugis)

Sungai ini, memiliki beberapa tempat pemandian kolam, air yang bening dan sejuk, membuat anda bisa berlama lama mandi di sungai ini.

Selain Air yang masih dalam kondisi bening, Salo Makkatoangge, juga memiliki.pelosotan yang terbentuk secara alami dari batu batu cadas yang terkikis air sungai dan terbentuk secara alami.

Mengunjungi Lokasi Salo Makkatoangge, jika dari arah Makassar bisa ditempuh melalui alur darat sekitar 150 KM, tiba di Wilayah Palanro, Ibu Kota Kecamatan Mallusetasi, pengunjung Menuju Desa Malumba sekitar 2 KM dari Palanro, setiba di lokasi, Pengunjung tidak dipunguti biaya apa apa, hanya saja. Kita meski jalan kaki selama 1 KM dari jalan Desa yang menghubungkan area ini, kondisinya masih alami dan Asri.

Irfan, seorang warga, Kabupaten Barru mengaku, objek wisata ini baru ditemukan warga sekitar, setiap hari libur sejak ditemukan objek wisata ini Ia dan teman temannya sering kr Sungai ini ntuk menghabiskan akhir pekan, Aku Irfan.

Penilaian Serupa, juga diungkapkan Mulyadi, Pengunjung dari luar Kabupaten Barru ini, mengaku takjub dengan alam sekitar Salo Makkatoangge.

“Airnya sejuk, jernih untuk mandi sangat luar biasa, hanya saja perjalanan kesini cukup melelahkan namun terbayar dengan pemandangan yang indah dan spot permandian yang keren” Ungkap Warga Asal Kabupaten Pinrang ini. (Mas / Effendy)

Related posts

Leave a Comment