Pemilihan Guru-Kepsek Berprestasi Nasional, Wakil Sulsel Asal Parepare Meyakinkan

Spread the love

JAKARTA,Cyberpare.com — Pemilihan guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan berprestasi tingkat nasional 2018 di Jakarta, berlangsung ketat.

Belum ada peserta yang menonjol, semua masih beradu menunjukkan keunggulan di setiap tahapan tes.

Namun dari beberapa tahapan tes, wakil Sulsel yang semuanya asal Parepare tampil cukup meyakinkan di hadapan tim penilai dewan juri.

Wakil Sulsel itu masing-masing, Makmur Kepala SMPN 4 Parepare, Thamrin Guru SMPN 4 Parepare, Yusrianti Kepala TK Kartika XX-12 Parepare, dan Irwan tenaga kependidikan asal SMAN 5 Parepare.

 

Kepala SMPN 4 Parepare wakil Sulsel, Makmur mengaku, semua peserta hebat, namun performa Sulsel cukup meyakinkan dewan juri.

“Setiap peserta saling mengalahkan pada setiap tes. Masing-masing peserta punya keunggulan. Persaingan ketat karena belum ada peserta yang dominan pada setiap tes. Namun peserta asal Sulsel sudah kelihatan performanya,” ungkap Makmur yang mengikuti lomba di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Selasa, 14 Agustus 2018.

Menurut dia, ada penilaian lain yang tidak bisa dibandingkan seperti portofolio, makalah best practice, uraian deskripsi, kedisiplinan, dan lainnya.

“Nanti malam talent show, Sulsel tampil membawakan lagu Anging Mammiri dengan busana adat, kita sudah latihan dan siap. Semoga masuk final, Insya Allah, doakan. Besok sore (15 Agustus 2018, red) pengumuman pemenang, mudah-mudahan Sulsel masuk,” harap Makmur.

Sementara guru berprestasi asal SMPN 4 Parepare wakil Sulsel, Thamrin mengaku sudah menunjukkan kemampuan terbaiknya di hadapan tim dewan juri.

“Alhamdulillah, sudah tampil presentasi di hadapan juri-juri hebat dan guru-guru berprestasi se-Indonesia. Usaha keras dan doa telah ditunaikan. Apapun hasilnya bisa diterima dengan lapang dada karena kemenangan yang sebenarnya ketika dapat menginspirasi dan berkarya untuk kemajuan bangsa dan negara,” kata Thamrin yang juga perpustakawan terbaik Sulsel.

Tahapan tes dalam pemilihan guru, kepsek, tenaga kependidikan berprestasi tingkat nasional, hari pertama, sesi pertama perkenalkan diri beserta aktivitas di sekolah, di keluarga, dan masyarakat dengan durasi waktu 1 menit.

Sesi kedua, masing-masing peserta membuat ungkapan tentang pendidikan, kemudian bertukar dengan teman di samping, lanjut menjelaskan ungkapan dari teman waktunya 2 menit.

Sesi ketiga, membuat satu lembar powerpoint terkait best practice masing-masing waktunya10 menit.

Sesi keempat, presentasi powerpoint yang telah dibuat. Pada saat presentasi peserta lain menanggapi.

Hari kedua tes kompetensi teknis/profesional. Hari ketiga tes kompetensi kepribadian dan sosial. Lalu tes ungkapan spontan masing-masing peserta tentang kemerdekaan RI dikaitkan dengan bidang pendidikan

Tes lainnya membuat video dengan durasi 1 menit bertema pendidikan. Setelah selesai diupload ke youtube. (***/Chull)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *