Dokter RS Andi Makkasau Isyaratkan Imbaun Sebelum Donor Darah

Dokter RS Andi Makkasau Isyaratkan Imbaun Sebelum Donor Darah
Spread the love

PAREPARE, Cyberpare.com — Donor darah yang digelar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73, menarget mendapat 60 kantong darah dalam sehari. Ini disampaikan salah seorang Dokter dari RS Andi Makkasau, dr Andi Cenrara, yang bertugas pada kegiatan tersebut.

“Hari ini kita target 60 kantong darah, diharapkan dapat tercapai. Melihat antusias dari masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya,” ujarnya.

Ia mengingatkan, agar masyarakat yang ingin melakukan donor darah, mesti memperhatikan beberapa syarat, agar kondisi kesehatan pasca mendonor tidak terganggu.

“Jadi tidak semua orang boleh mendonor, ada kategori tertentu. Seperti pendonor berusia minimal 17 tahun. Berat badan minimal 45 kg, tekanan darah normal dan tidak mempunyai penyakit infeksi,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dr Cenrara, memiliki tubuh sehat secara jasmani menjadi indikator penting yang mesti diketahui sebelum donor darah.

“Darah yang didonorkan akan diberikan kepada orang yang membutuhkan, jadi penting di pendonor dalam keadaan sehat jasmani,” ujarnya.

Menurutnya, perempuan yang berhalangan atau menstruasi tidak dianjurkan untuk melakukan donor darah.

“Sat haid, cadangan sel darah merah perempuan berkurang. Karena itu, disarankan tidak mendonorkan darah saat halangan,” katanya. (di)

https://cyberpare.com/wp-content/uploads/2017/08/IMG-20170804-WA0159.jpg"

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan