Sulsel Peringkat 3 Nasional Pemilihan Guru-Kepsek Berprestasi

Spread the love

JAKARTA,Cyberpare.com — Pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional 2018, mencapai tahapan puncak 16 Agustus 2018.

Hasilnya, peringkat pertama tingkat SMP diraih Yogyakarta, peringkat pertama SD disabet Jawa Barat, sementara Sulsel yang diwakili Parepare berada di peringkat tiga SMA. Jenjang SLB pun Sulsel meraih peringkat tiga.

Kepala SMPN 4 Parepare, Makmur yang menjadi duta Sulsel, mengaku sudah berbuat maksimal dan terbaik selama tahapan penilaian.

“Kami sudah berbuat maksimal, menguarkan semua daya dan kompetensi namun hasilnya kami belum bisa memberikan yang terbaik,” ujar Makmur.

Sulsel kebagian juara tiga kategori Kepala Tata Usaha SMA yang diraih Irwan dari SMAN 5 Parepare. Lalu juara tiga guru SLB.

“Masih didominasi sekolah di Pulau Jawa. Juara satu Kepsek SMP, Ibu Niken dari Yogyakarta, juara dua Ibu Hanifah dari Jatim, dan juara tiga dari Kalsel tapi masih orang Jawa namanya Ibu sulfiani,” papar Makmur.

Sang juara asal Yogyakarta ini adalah sekolah yang pernah menjadi sasaran studi banding semua SMP dan MTs di Parepare.

Setelah pengumuman pemenang ini, selanjutnya peserta mengikuti seminar, workshop, namun ada juga mengikuti pidato kenegaraan di Gedung DPR-MPR RI.

“Besok 17 Agustus, sang juara satu dari setiap tingkatan menghadiri upacara peringatan kemerdekaan di Istana Negara, sementara yang lainnya di Kemendikbud,” lanjut Makmur.

Makmur menambahkan, hasil dari kompetisi tingkat nasional ini menambah bekal kemampuan manajerial, wawasan, dan pengalaman baginya.

“Tugas Kepsek ke depan, manajerial, kewirausahaan, dan supervisi titik beratnya pada memajukan sekolah, mencerdaskan siswa, dan mensejahterakan warga sekolah,” tegas Makmur.

Kali ini, sebanyak 1.296 peserta yang mengikuti Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2018. Mereka terdiri dari guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, laboran, tenaga perpustakaan, dan kepala administrasi dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK. Ajang apresiasi ini diselenggarakan secara rutin oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK).

Sekretaris Ditjen GTK, M. Qodrat Wisnu Aji mengatakan, Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2018 diselenggarakan mulai 11-18 Agustus 2018 di enam lokasi di Jakarta. Sebelum dinyatakan lolos ke tahap nasional, para peserta diseleksi secara ketat, transparan, dan terukur di tingkat provinsi, agar dapat memberikan rasa bangga dan memotivasi guru dan tenaga kependidikan.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan RI. Tahun ini, Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional mengangkat tema Berkarya untuk Kemajuan Pendidikan dan Kebudayaan,” katanya.

Sementara Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Supriano mengatakan, pentingnya penerapan pendidikan karakter untuk peserta didik.

Dia menegaskan, guru dan tenaga kependidikan harus bisa menerapkan pendidikan karakter dan menjadi teladan bagi peserta didik di sekolah.

“Suksesnya pendidikan karakter ada di tangan guru dan tenaga kependidikan juga. Maju mundurnya bangsa ini ada di tangan kita semua,” katanya. (***/chull)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *