oleh

Dinilai Meresahkan Rakyat, FPU Parepare Wacanakan Gugat Menkes RI

PAREPARE, Cyberpare.com — Forum Peduli Umat (FPU) Kota Parepare mewacanakan menggugat Menteri Kesehatan Republik Indonesia, atas kebijakannya terhadap program vaksinasi Measles and Rubella (MR). Ini ditegaskan Imam Besar FPU Kota Parepare, H Rahman Mappagiling, saat menggelar jumpa pers di kediamannya, Selasa (28/8/2018).

“Kita telah rapat dengan pengurus FPU Parepare, dan diputuskan Menteri Kesehatan akan kita gugat karena kebijakan atas vaksin MR,” katanya.

Ia mengatakan, vaksin MR terbukti mengandung unsur Babi, dimana itu diharamkan bagi umat Islam. Walaupun ada fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang membolehkan dengan alasan darurat. Namun FPU Parepare menilai, hingga saat ini belum ada tanda darurat.

“Setahu kami, arti darurat itu sesuatu yang dilakukan karena terpaksa, genting atau saat berbahaya. Tetapi kenyataannya, kita lihat bersama, hingga saat ini belum ada tanda-tanda yang dapat memicu bahaya saat tidak divaksin,” jelasnya.

Menurutnya, program pemerintah pusat tersebut meresahkan rakyat Indonesia. Baiknya Kementerian Kesehatan sebelum menjalankan program, mesti dikaji lebih dulu dengan melihat dampak medis dan syariahnya, lantaran penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam.

“Ketidakjelasan vaksin MR, membuat masyarakat resah dan takut. Tidak hanya itu, program ini pun kami anggap pelecehan bagi Islam,” ujarnya.

Di tempat sama, Sekretaris FPU Kota Parepare, Abdul Rahman Saleh, mengaku, bakal mengumpulkan sejumlah pihak yang merasa dirugikan program tersebut.

“Kita sementara mencari alamat pihak-pihak yang dirugikan, termasuk kasus anak yang meninggal dunia di Takalar usai divaksin,” katanya. (di)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed