Ini Cara Pemkot Parepare Lakukan Pengentasan Kemiskinan

Berita terkini

PAREPARE, Cyberpare.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare terus berupaya mengurangi angka kemiskinan, guna meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

Salah satu langkah inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam pengentasan kemisikinan adalah program pemberian beras sejahtera secara gratis. Ini disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdako Parepare, Amarun Agung Hamka.

“Tahun 2018 ini, Pemkot Parepare telah menggratiskan beras sebanyak 5 kilogram kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap KPM menerima 15 kg beras, karena 10 kg berasal dari Bansos Rastra Kemensos Republik Indonesia,” jelasnya, Selasa (23/10/2018).

Menurut Hamka, guna memenuhi hal tersebut, Pemekot Parepare telah menganggarkan dalam APBD 2018 sebesar Rp201 Juta, didalamnya termaksud anggaran transportasi dari titik distribusi ke rumah KPM.

“Selain program rastra, Pemkot Parepare juga memberikan bantuan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE), sehingga mereka dapat meningkatkan usahanya,” ujarnya.

Bantuan lain yang diberikan Pemerintah Daerah dalam upaya penanggulangan kemiskinan, kata Hamka, seperti bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu, penyediaan jamban keluarga miskin, bantuan usaha bagi warga tidak mampu.

“Keberhasilan dalam program pengentasan kemiskinan ini berdampak pada menurunnya angka kemiskinan, dan mampu melampaui target RPJMD,” bebernya. (di)

Related posts

Leave a Comment