Kisah Sehari Bersama Pelayanan Gratis Call Center 112 Parepare

PAREPARE, Cyber. Com – Perkenalkan, Pelayanan Gratis Call Center 112 Program Wali Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Taufan Pawe. Empat tahun silam, Program Pelayanan kesehatan terpadu tanggap darurat Inovasi Taufan Pawe, bekerja sama dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, dr. Yamin, terbukti sangat membantu masyarakat dalam pelayanan bidang kesehatan.

Program Call Center 112 Kota Parepare, melayani masyarakat 24 jam. Call Center ditunjang 71 tenaga Medis dari berbgai Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, Sulawesi Selatan, dengan Fasilitas 11 Armada lengkap peralatan medis. Tahun keempat Pemerintahan Taufan Pawe, Call Center telah melayani 54.000 Pasien.

“ Call Centre 112 telah melayani 54 ribu pasien, baik Tanggap darurat (Emergency), termasuk kecelakaan lalu lintas.  Jumat Peduli dan layanan antar jenazah dan lain secara gratis,” Kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, dr. Yamin, Jumat (2/11/2018).

Sehari mengikuti Pelayanan Call Center 112 Kota Parepare. Setiap pagi tiga petugas Call Center yang dipusatkan di Masjid Agung Kota Parepare, Jalan Jendral Ahmad Yani, bertugas menerima panggilan pasien melalu nomor 112. Setelah menirma telpon dari pasien tim Call dalam satu Armada, satu dokter, satu Bidan, datu Perawat serta Driver, segera bergegas melayani pasien dengan membawa peralatan medis yang lengkap.

“ Kita melayani Masyarakat 24 jam satu Armada dilengkapi dengan satu tenaga dokter, satu bidan, satu perawat dan driver, yang melayani masyarakat hingga ke rumah mereka. “ Kata Koordinator call center 112 Parepare, Rahmawati.

Call Center 112 melayani keluhan kesehatan warga, sebelum mereka mau dirujuk ke Puskesmas atau Rumah sakit, dengan membawa peralatan medis dan obat obatan lengkap.  Jika pasien bisa dirawat di rumahnya Pihak Call Center 112 Kota Parepare, memberikan perawatan dan pemantauan di rumah pasien.

“ Kami tidak hanya melayani orang yang sakit atau pasien yang meminta bantuan untuk diantar ke Puskesmas atau ke Rumah sakit. Namun kita juga menyiapkan pelayanan antar jenazah, jika warga membutuhkan. Setiap hari Jumat kita juga ada namannya program Jumat Peduli, yakni memeriksa kesehatan warga, disetiap Kelurahan dibantu dengan Aparat Kelurahan menyiapkan warga yang punya keluahan kesehatan secara gratis. “ Jelas Rahmatia.

Terpancar jelas kerja Ikhlas dan penuh rasa kemanusiaan, pada wajah- wajah para Pahlawan Medis Call Center 112, saat melayani pasein. Tak mengenal lelah, sesampai di rumah warga. Para Pahlawan Medis itu, langsung memeriksa keluhan warga dan memberikan pelayanan, tanpa harus memeriksa Identitas dan Kartu Kesehatan milik warga.

Bahkan sejumlah dokter dan perawat membawa perbekalan makanan dan minuman instan, jika mereka sibuk melayani pasien dalam sehari. Tak mengenal jam makan, kadang mereka makan dan minum ditengah perjalanan melayani pasien. Sesekali mereka juga membagi perbekalan yang mereka beli sendiri, kepada Pasien yang diperiksanya jika menganggap layak dibantu.

Call Center Inovasi Wali Kota Parepare, Sulawesi Selatan Tufan Pawe, sangat diapresiasi oleh warga, program itu dianggap sangat membantu warga dalam bidang kesehatan. Pantas saja, program terpadu Pelayanan Medis 24 jam tanpa harus meninggalkan rumah, masuk dalam Top 40 inovasi Pelayanan Publik, dari Kementrian PANRB Pada tanggal 7 November mendatang, dijadwalkan  di jakarta diserahkan langsung oleh Presiden Jokowidodo, bersama 39 Penerima penghargaa Top 4 Inovasi lainnya.

“ Ide ini berawal dari Kecintaan saya terhadap Masyarakat Parepare serta, terinspirasi dari Bapak Presiden ke – 3 RI BJ. Habibie. Beliau selalu bisa menjadi orang yang berguna dimanapun beliau berada. Beliu juga selalu memberikan tenga dan fikiran untuk bangsa ini.  “ Kata Taufan Pawe, Wali Kota Parepare, yang kembali terpilih 2 Priode itu.

Nah Jangan heran, Kata Taufan Pawe, jika kalian Pendatang yang kebetulan berada di Parepare. Saat mendenganrkan Sirine Ambulance pada Tengah malam atau Subuh Hari, itu adalah Call Center yang lagi bekerja dengan Ihklas untuk Masyarakat.

“ Kami tidak saja melayani Keluahan Kesahatan Masyarakat, tapi kami juga berada disetiap saat jika ada bencana alam dan bahkan kecelakaan Lalu Lintas. Kita juga menjadi kepercayaan masyarakat yang pertama dihubungi jika terjadi Kecelakaan di jalan. (di)

Related posts

Leave a Comment