Banjir Sampah di Kota Sanitasi & Peraih Adipura

PAREPARE, Cyber. Com –  Baru diguyur hujan selama tiga jam malam tadi, tumpukan sampah di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, terlihat disejumlah ruas jalan dan di lorong lorong pemukiman penduduk. Sampah yang menumpuk sangat menganggu aktivitas warga Kota Parepare.

 

Tumpukan sampah terparah di Daerah Geddongge, Kelurahan Cappa Galung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Bahkan di wilayah ini tumpukan sampah setinggi satu meter pada sejumlah lorong lorong padat penduduk.

 

“ Hanya tiga jam hujan, air menggenangi rumah setinggi 50 Centi Meter, air memang cepat surut, namun menyisahkan tumpuka sampah di semua lorong di Lingkungan Geddonge ini. Sampah juga menyumbat Selokan yang baru saja dikerja itu. “ Kata Cammang, Warga Geddonge, Kelurahan Cappa Galung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (05/11/2018), sambil memberishkan sampah dalam selokan.

 

Hal yang sama dikatakan Diana, warga Geddongge lainnya, bahkan Diana mengatakan, akibat banjir semalam yang merendam rumahnya setinggi 50 centi meter, mengakibatkan sejumlah alat barang barang miliknya, termasuk motor terndam air.

 

“ Banjir semalam, sejumlah alat alat elektronik terendam air, tv, kulkas mesin jahit serta motor juga terndam air. Dua motor suami saya belum bisa dipakai karena rusak. Tumukan sampah membuat kami tidak bisa keluar rumah. “ Kata Diana.

Sementara itu, Pemerintah Kelurahan Cappa Galung, datang meninjau bekas rendaman air yang merusak sejumlah peralatan milik warga. Tumpukan sampah membuat Pemerintan Kelurahan Cappa Galung, akan berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan Kota Parepare, Sulawesi Selatan, untuk mengangkut sampah.

 

“ Masalah ini kita akan berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan Kota Parepare. Selain itu, kita juga akan menggalakkan Gotong royong setiap minggu, untuk mengantisipasi kejadian serupa. “ Kata Sekertaris Lurah, Kelurahan Cappa Galung, Darmawangsa.

 

Banjir disejumlah Wilayah, mebuat pemandangan Kota Satu satunya Kota Peraih perdiket Kota Sanitasi di Pulau Sulawesi, oleh Kementrian Kesehatan terlihat kotor. Parepare juga tidak pernah ketinggalan menerima Penghargaan Adipura. (Chulk)

Related posts

Leave a Comment