Langgar PKPU Tentang Kampanye Pemilu, Bawaslu Tertibkan APK.  

Spread the love

PALOPO, Cyberpare.com — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palopo bersama KPU dan Satpol-PP melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang yang terpasang dan menyalahi aturan perundang-undangan. Penertiban dimulai di jalan poros trans Sulawesi, kecamatan Wara Selatan, Rabu, (07/11/2018).  Alat peraga yang diturunkan beruapa banner yang terpasang dipohon, tiang listrik, sekretariat perhimpunan mahasiswa di kampus serta baliho berukuran besar.

Ketua Bawaslu kota Palopo, Asbudi Dwi Saputra mengatakan, pemasangan APK ini dinilai melanggar PKPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum.

“Para calon legislatif telah disampaikan sebelumnya untuk ikut aturan main sesuai aturan pemilu, namun masih banyak yang melanggar aturan pasal 34 jo pasal 73 jo pasal 75 PKPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye dan Perbawaslu nomor 28 tahun 2018  pasal 26 tentang pengawsan kampanye,” katanya.

Dari hasil penertiban hari ini, APK yang banyak melanggar umumnya milik calon anggota DPR RI dan DPD.

Penertiban APK hari ini Bawaslu belum mencabut atau menurunkan yang berada dalam pekarangan rumah warga.

“Sebenarnya baliho dalam pekarangan rumah warga itu melanggar meskipun dalam area privasi warga, namun demikian nantinya tetap akan kami cabut setelah KPU memasang APK resmi,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Palopo menjelaskan, kebijakan tidak mencabut baliho dalam pekarangan warga adalah kebijakan yang berlaku di seluruh daerah di Indonesia, dengan catatan pemilik rumah tidak keberatan dan tidak memasang di tiang listrik dalam pekarangan rumah warga.
Divisi Hukum dan Pengawsan KPU Palopo, Iswandi Ismail, saat mendampingi Bawaslu menyampaikan APK para caleg yang dicetak KPU akan segera tiba di Palopo.

“Hari ini dimulai percetakan APK di Makassar, jadi paling lambat satu minggu kedepan sudah didistribusi ke daerah termasuk Palopo,” Iswandi Ismail. (Amr / Effendy)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *