Sasar Pemili Pemula, KPU Palopo Sosialisasi di Sekolah

Spread the love

PALOPO, Cyberpare.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palopo, Sulawesi Selatan, melakukan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) kepada pemilih pemula di sekolah sebagai salah satu basis pemilih milenial yang dapat memberi petunjuk pemahaman tentang kepemiluan dan penggunaan hak pilih pada pemilu mendatang. Sosialisasi dilakukan di SMA negeri 5 Palopo, Selasa (13/11/2018).

Komisioner KPU Palopo, Iswandi Ismail mengatakan bahwa Pelibatan pemilih pemula (milenial) untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu 17 April 2019 mendatang menjadi perhatian khusus KPU Kota Palopo, selain jumlahnya yang cukup besar, mayoritas diantara mereka juga masih awam dalam pemahaman kepemiluan terkhusus dalam penggunaan hak pilih mereka yang dijamin oleh konstitusi.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk mendorong pemilih pemula agar terlibat aktif dalam pemilu 2019 mendatang, dimana Jumlah pemilih pemula yang cukup besar dapat menentukan lahirnya pemimpin yang berkualitas,” katanya.

KPU Palopo menyarankan kepada para siswa yang telah berusia 17 tahun namun belum memiliki KTP-el untuk segera mengurusnya di Kantor Dinas Dukcapil.

“Kami menyarankan pula ke pihak sekolah untuk berkoordinasi dengan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar dilakukan perekaman data e-KTP, agar mereka nantinya dapat menyalurkan hak pilihnya,” ujarnya.

Kata dia, pemilih pemula harus paham hak-haknya sebagai pemilih dan yang tak kalah pentingnya harus memastikan dirinya telah terdaftar sebagai pemilih.

“Caranya cek namanya apakah sudah terdaftar di DPT, bisa ditanya langsung ke PPS atau dengan cara lain dengan mengecek apakah seseorang sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum dengan melalui link https://sidalih3.kpu.go.id/dppublik/dpsnik,” tuturnya.

Iswandi menambahkan bahwa pemahaman tentang kepemiluan masih rendah pada pemilih pemula, namun antusias mereka tergambar dengan banyaknya para siswa memberika pertanyaan.

“Dari pertanyaan yang diajukan menunjukkan jika sebagian besar dari mereka memang masih sangat awam tentang kepemiluan, meski beberapa diantara pertanyaan yang diajukan terbilang serius”, tambahnya.

Sosialisasi Pemilu yang digelar KPU Palopo, disertai dengan permainan (Game) kepemiluan dan yel-yel  yang dapat membuat peserta antusias menerima materi yang dibawakan.

“Bersyukur kami bisa memahami tentag bagaimana menjadi pemilih cerdas dan tanpa harus dibayar untuk mencoblos pada salah satu calon,” ucap Afifah Sahrudiin, siswi kelas 12 SMA negeri 5 Palopo.

Hadir pada sosialisasi tersebut Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Bidang Kesiswaan Syahruddin Laisa, para siswa kelas XII dan juga sejumlah mahasiswa Universitas Andi Djemma Palopo yang tengah melaksanakan KKN di KPU Kota Palopo. (Amr / Effendy)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *