Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Bahan Pokok di Lutra Stabil

Berita terkini

MASAMBA, CYBERPARE.COM- Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (DP2KUKM) bersama Tim Terpadu melakukan inspeksi mendadak (sidak) di dua pasar besar di Kabupaten Luwu Utara, masing-masing pasar Sabbang dan Masamba, Selasa (18/12/2018).

Sidak yang dipimpin Asisten III Muhammad Kasrum ini dalam rangka memantau perkembangan harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru. Sidak kali ini tidak ditemukan harga bahan pokok yang mengalami lonjakan harga yang begitu tinggi, masih dalam batas normal.

“Hasil sidak kita di dua pasar ini, Alhamdulillah, harga bahan pokok masih stabil. Daya beli masyarakat juga masih terjangkau,” ujar Kepala DP2KUKM Muslim Muhtar. Meski demikian, kata Muslim, ada sedikit kenaikan harga tomat dan cabe, tapi sifatnya masih fluktuatif.

“Untuk tomat dan cabe, kenaikannya variatif, antara Rp 1.000 sampai Rp 2.000. Artinya, dengan kenaikan seperti ini, daya beli masyarakat tidak terlalu meresahkan. Yang paling penting sebenarnya adalah ketersediaan bahan kebutuhan pokok itu masih tersedia,” jelasnya.

“Hasil pemantauan kita di dua pasar ini tidak ada yang signifikan, baik itu beras, gula, terigu, minyak goreng, dan kebutuhan pokok lainnya. Semuanya masih stabil alias masih dalam ambang batas kewajaran,” ungkap Muslim.

Senada Muslim, Asisten III Muhammad Kasrum mengatakan bahwa tidak ada kenaikan harga yang cukup signifikan jelang natal dan tahun baru di dua pasar tersebut. Hanya saja, kata Kasrum, harga daging ayam sedikit mengalami kenaikan dibanding bulan kemarin.

“Semoga stok kebutuhan bahan pokok masyarakat tersedia jelang natal dan tahun baru, sehingga masyarakat kita bisa membeli sesuai dengan kebutuhan mereka. Dan yang paling penting adalah daya beli masyarakat juga semakin tinggi,” pungkasnya.

Turut hadir dalam sidak ini, Pabung Kodim 1403/Sawerigading, Kepala DKP, Kabag Ekonomi, dan Tim Terpadu lainnya dari Dinas Kesehatan, Peternakan, Perikanan, Pertanian, Satpol PP, Polres, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah, Tim Penanggulangan Inflasi Daerah, dan Camat setempat.(amr / Effendy)

Related posts

Leave a Comment