Jelang Natal dan Tahun Baru Satgas Pangan Pantau Harga Kebutuhan pokok

PALOPO,CYBERPARE.COM – Jelang Natal dan Tahun Baru, Satgas Pangan Polres Palopo, Sulawesi Selatan memantau harga kebutuhan pokok di Pusat Niaga Palopo (PNP). Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan harga dan ketersediaan pangan.

Hasil pantauan di pasar PNP, Satgas pangan menyatakan harga kebutuhan pokok berjalan stabil, meski Cabai dan Bawang Merah mengalami sedikit kenaikan, sementara harga Ayam potong turun Rp 1.000 hingga Rp 2 ribu dan harga Daging masih normal.

Kasat Reskrim Polres Palopo AKP Ardy Yusuf yang memimpin sidak, mengatakan bahwa meskipun ada sebagian bumbu dapur mengalami kenaikan namun kondisi harga masih stabil dan ketersediaan stok dari semua kebutuhan cukup tersedia.

“Ada beberapa barang yang mengalami kenaikan, seperti Cabai Rawit dan Bawang Merah, tapi kenaikannya tidak signifikan. Masih pada batas normal. Pada dasarnya harga kebutuhan pokok masih normal. Bahkan ada yang mengalami penurunan, contohnya Ayam Potong,” kata Ardy Yusuf.

Pantauan CYBERPARE.COM saat operasi Satgas Pangan dilakukan beberapa harga yang naik antara lain Cabai Rawit naik dari Rp 20.000 menjadi Rp 30.000 perkilogram, Bawang Merah naik dari Rp 20.000 menjadi Rp 35.000 perkilogram, sementara harga Bawang Putih tetap normal dengan harga Rp 20.000 perkilogram.

“Kalau kenaikan harga Cabai dan Bawang terjadi karena cuaca buruk, beberapa hari ini pasokan masuk terlambat, sehingga harga naik, tapi besok sudah ada lagi yang masuk,” ujar pedagang, Asma.

Harga Ayam Potong, menurut pedagang, Asrul mengatakan bahwa mengalami penurunan dalam 2 hari terakhir akibat melimpahnya pasokan ayam.

“Harga turun dari Rp 29.500 menjadi Rp 27.500 perkilogram, penurunan harga Ayam Potong sudah berlangsung sejak 2 hari terakhir, karena permintaan masih kurang dan stok tersedia cukup melimpah, begitupun harga daging tetap stabil pada harga Rp 120.000 perkilogram,” tutur Asrul. (Aamran)

Tinggalkan Balasan