Pemkab Luwu Timur Musnahkan Belasan Ribu KTP

LUWU TIMUR,CYBERPARE.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (20/12/2018) pagi, memusnahkan 18.796 keping KTP yang terdiri dari KTP elektronik non KTP non elektrik di halaman kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Luwu Timur. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar setelah dilakukan pengguntingan.

KTP elektronik yang dimusnahkan sebelumnya digunting sebanyak 16.324 keping karena sudah invalid dan rusak sementara KTP non elektronik sebanyak 2.472 keping.

Bupati Luwu Timur, Muhammad Thorig Husler mengatakan bahwa pemusnahan KTP yang sudah tidak berlaku ini dilakukan berdasarkan surat Dirjen Dukcapil guna mencegah terjadinya penyalahgunaan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Ini semua tentu bertujuan dalam rangka menjaga jangan sampai ada oknum tertentu yang memanfaatkan KTP ini untuk disalahgunakan,” kata Husler.

Kata Husler, pemusnahan dengan cara dibakar lebih efektif dilakukan dibanding cara lain misalnya hanya dengan menggunting saja.

“Sesuai intruski memang harus dibakar, dan memang kalau dibakar kan habis jadi tidak kelihatan lagi,” ujarnya. (Amran)

Related posts

Leave a Comment