Cegah TKI Non Prosedural, Imigrasi Parepare Gandeng BP3TKI dan PJTKI

CYBERPARE.COM, PAREPARE — Kantor Imigrasi Klas II TPI Parepare menggandeng kerjasama dengan Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) dan Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI), untuk mencegah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) non prosedural.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, Noer Putera Bahagia mengatakan, kerjasama dilakukan sebagai upaya penanganan TKI nonprosedural atau TKI yang proses keberangkatannya tidak memenuhi persyaratan administratif.

“Kita berupaya agar CTKI yang melakukan pemberangkatan, dapat melalui lembaga-lembaga resmi,” ujarnya, Sabtu (12/1/2019).

Noer berharap, jajaran BNP3TKI memonitoring dan memfilter setiap CTKI agar rekomendasi yang dikeluarkan betul-betul “clear” dan siap untuk dilanjutkan dalam pembuatan Paspor RI.

“Kami mengusulkan agar ada kantor BP3TKI di Kota Parepare, tujuannya agar dilakukan pengawasan secara detail terhadap CTKI yang akan bekerja di luar Negeri,” katanya.

Selain itu, PJTKI diminta memenuhi semua prosedur dalam pembuatan paspor RI dan bekerja lebih profesional dalam memproteksi kepentingan TKI di dalam maupun luar Negeri.

“TKI itu mesti jadi tanggung jawab Perusahaan Jasa Tenaga Kerja sampai keadaan mereka betul betul aman mulai dari kontrak kerja, hingga asuransinya harus jelasnya,” pintanya. (di)