Cemari Lingkungan, Pertamina Terancam Dapat Sanksi Hukum, Polisi : Kita Selidiki

CYBERPARE.COM, PAREPARE — Diduga mencemari lingkungan hidup, Pertamina terancam dapat sanksi hukum atas tumpahan minyak di laut Cempae. Ini ditegaskan Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH Parepare, Jenamar Aslan.

“Jika kita merujuk Undang-Undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan lingkungan hidup,” ujarnya, Sabtu (12/1/2019).

Dikonfirmasi kemungkinan permintaan kompensasi atas pencemaran dan kerugian yang ditimbulkan. Jenamar mengaku, hal itu bisa saja dilakukan Pemerintah Kota Parepare.

“PerMen LH No. 13 Tahun 2011 tentang Ganti Kerugian akibat Pencemaran dan/atau Kerusakan Lingkungan Hidup, kita dapat merujuk pada aturan ini,” katanya.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Parepare, Akp Abdul Haris Nicolaus mengatakan, masih melakukan penyelidikan terkait tumpahan minyak di laut Cempae.

“Kami sudah tindaklanjuti, dan sementara dilakukan penyelidikan,” bebernya.

Persoalan tersebut mesti mendapat respon dan perhatian khusus dari seluruh pihak, sebagaimana yang diatur dalam UU 32 Tahun 2009, PP No.19 Tahun 1999 dan Permen LH No.13 Tahun 2011 serta Konvensi Internasional MARPOL 1973/1978 ANNEX I s.d VII. (di)

Related posts