Komitmen Jaga Kebersihan Lingkungan, Parepare Dianugerahi Piala Adipura

CYBERPARE.COM, PAREPARE — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare berhasil meraih penghargaan piala Adipura tahun 2018, yang diserahkan Wakil Presiden RI, Jusuf dan diterima Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, di Gedung Manggala Wanabakti Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senin (14/1/2019).

Pada kesempatan itu, Taufan mengaku, penganugerahan piala Adipura yang diraih merupakan wujud komitmen Pemkot Parepare menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan wilayahnya.

“Ini hasil dari komitmen Parepare dalam menjaga kebersihan dan lingkungan di masyarakat,” bebernya.

Menurutnya, Parepare pada tahun ini berhasil masuk sebagai kota sedang, dari sejumlah kota di Indonesia Penerima piala Adipura.

Walikota dua periode ini mengaku, diraihnya piala Adipura dikarenakan Pemkot bersama seluruh unsur berperan aktif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Kita memberikan apresiasi kepada seluruh instansi dan seluruh masyarakat atas penghargaan yang telah diraih, ini berkat kerja keras dan komitmen kita di Jumat peduli,” kata Taufan.

Diawal tahun 2019, lanjut Taufan, Menteri LHK memberikan anugerah Adipura kepada 146 penerima penghargaan Yang terdiri dari satu Adipura kencana, 119 Adipura, 10 sertifikat Adipura dan 5 plakat Adipura, serta penghargaan kinerja pengurangan sampah kepada 11 kabupaten kota.

Sementara, Menteri LHK, DR. Ir. Siti Nurbaya, menyampaikan, penganugerahan Adipura merupakan program nasional yang dilaksanakan setiap tahun. Tujuannya mendorong kabupaten/kota dalam mewujudkan sustainable city atau kota berkelanjutan.

“Program ini untuk mendorong seluruh kabupaten/kota dalam menyelaraskan pertumbuhan ekonomi, sosial dalam mewujudkan sustainable city,” jelas Siti Nurbaya.

Ia menjelaskan, penganugerahan Adipura difokuskan mendorong seluruh wilayah di Indonesia menjadi daerah yang bersih dan teduh.

“Ini bentuk apresiasi yang diberikan melalui Wakil Presiden RI kepada daerah, yang berhasil memimpin wilayahnya menjadi lingkungan yang bersih dan lestari,” ujarnya. (di)

Related posts