oleh

Ingat… Ini Risiko Kesehatan Jika Hamil di Usia Remaja

CYBERPARE.COM, PAREPARE — Kehamilan di usia remaja merupakan masalah yang sangat serius, dan dapat berisiko bagi kesehatan. Karena itu, butuh kesiapan secara fisik dan mental calon ibu.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Obg), dr Risma menjelaskan, kehamilan di usia muda dapat memberikan risiko kesehatan bagi calon ibu dan bayinya.

“Bayi lahir dari ibu yang masih berusia remaja, dapat mengalami keterlambatan perkembangan intelektual, kemampuan belajar yang rendah dan mengalami gangguan kesehatan serta perilaku,” jelasnya.

Menurut dokter kandungan yang bekerja di Rumah Sakit Andi Makkasau, Kota Parepare tersebut, gangguan kesehatan yang ditimbulkan seperti anemia, tekanan darah tinggi, plasenta previa dan kelahiran prematur.

“Tidak hanya itu, gangguan emosional dapat juga terjadi kepada calon ibu. Seperti berusaha menggugurkan janin dalam kandungannya,” beber dr Risma.

dr Risma menyarankan, agar menghindari kehamilan di usia muda, dengan cara tidak melakukan seks bebas.

Namun bagi ibu yang terlanjur hamil di usia muda, lanjut dr Risma, mesti memperhatikan beberapa hal guna meningkatkan kesehatan calon ibu dan bayinya.

“Diantaranya, rutin melakukan pemeriksaan kehamilan, konsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, hindari rokok, alkohol, dan obat-obatan lainnya,” katanya. (Ad)