Mudahkan Verifikasi Berkas, Inovasi Dinkes Parepare Lahirkan Aplikasi PBI

Berita terkini

CYBERPARE.COM, PAREPARE — Guna memudahkan verifikasi berkas kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melahirkan aplikasi PBI.

Inovasi aplikasi PBI ini sebagai upaya menyamakan data, baik yang ada di Dinkes, BPJS maupun di Disdukcapil. Ini disampaikan Kasubag Perencanaan Dinkes Parepare, Sappa, saat ditemui, Senin (12/3/2019).

“Hari ini digelar pelatihan aplikasi PBI yang merupakan inovasi Dinkes Parepare. Tujuannya, agar data kepesertaan terintegrasi dengan data Dinkes, Disdukcapil dan BPJS Kesehatan. Jadi ketika ada perubahan, bisa langsung dilihat di aplikasi,” jelasnya.

Hadirnya aplikasi PBI ini, kata Sappa, diharapkan memudahkan masyarakat mengetahui keaktifan maupun data kepesertaannya. Sekaligus meminimalisir data ganda, dan dapat terverifikasi secara langsung.

Kepala Bidang Pelayanan, Promosi dan Sumber Daya Kesehatan, Halipah mengatakan, pelatihan aplikasi PBI diikuti 50 peserta dari perwakilan Kelurahan, Kecamatan, BKKBN, Dinsos, Disdukcapil, Infokom, BPJS, Puskesmas dan Dinkes.

“Aplikasi ini nantinya dapat melihat mana warga yang sudah terdaftar di BPJS Kesehatan,” katanya. (Ad)

Related posts