Antisipasi Kecurangan Pemilu, Diskusi Publik Bawaslu Hadirkan Caleg Perwakilan Parpol

Berita terkini

PASANGKAYU, CYBERPARE.COM –Mengawal pemilu 2019 tanpa kecurangan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, menggelar diskusi publik dengan mengangkat tema ‘bersama rakyat awasi pemilu bersama bawaslu tegakkan keamanan pemilu’, Sabtu (16/3/2019).

Kegiatan ini dihadiri Komisioner Bawaslu Pasangkayu, Wakapolres Pasangkayu Kompol Jufry, Calon anggota legislatif (Caleg) setiap partai politik peserta pemilu, dan sejumlah tamu undangan.

Ketua Bawaslu Pasangkayu, Ardi Trisandi mengungkapkan, diskusi yang melibatkan para caleg ini bertujuan agar memudahkan akses informasi dari semua pihak terkait potensi-potensi terjadinya pelanggaran pemilu.

“Makanya penting untuk kami lakukan kegiatan ini sebagai sebuah sarana kepada semua pihak untuk menyampaikan masukan dan informasi kepada bawaslu, sehingga dapat mendeteksi sedini mungkin potensi-potensi terjadinya pelanggaran pemilu,” ungkapnya.

Ia menuturkan, apa yang disampaikan peserta pemilu termasuk partai politik cukup membantu Bawaslu dalam hal mendapatkan informasi yang sifatnya wajib ditindak lanjuti, baik itu informasi pelanggaran pemilu maupun berkaitan dalam memaksimalkan fungsi pegawasan, pencegahan serta penindakan dalam proses penyelangaraan pemilu.

Sementara itu, salah seorang caleg DPRD Provinsi Sulbar yang juga Ketua DPC Partai Perindo Kabupaten Pasangkayu, M. Yusri Nur, mengapresiasi diskusi publik ini.

Menurutnya, kegiatan ini sangat luar biasa bagimana caleg peserta pemilu bisa mengetahui segala bentuk pelangaran-pelangaran yang bisa saja terjadi di lapangan.

“Tapi sebenarnya bawaslu lebih jeli untuk melihat konteks ini, pasalnya acara ini kebanyakan sosalisasi sehingga peserta yang hadir cuma banyak mendengar,” katanya.

Ia berharap ada lagi diskusi publik serupa dengan mengundang lebih banyak peserta, ormas, komponen masyarakat, KNPI, dan organisasi kepemudaan lainnya.

“Karena merekalah pemilik sah di negeri ini, harus mendengarkan diskusi kita dan mengikuti agar nereka bisa menyampaikan dan paham tentang pemilu dimamuju utara,” tandasnya. (Tomy/Ardi)

Related posts