Warga Keluhkan Bau Sampah yang Menyengat di Area Pasar Senggol

Berita terkini

PAREPARE, CYBERPARE.COM — Bau menyengat dari tumpukan sampah yang berserakan di area pasar senggol, RT01/RW06 Kampung Nenne, Kelurahan Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, dikeluhkan warga setempat.

Warga mengaku sangat tidak nyaman dengan bau yang menyengat hidung di kawasan padat penduduk itu. Terlebih bau sampah yang dihirup warga dalam waktu lama bisa mengakibatkan gangguan kesehatan.

Azwar, salah seorang warga yang berdomisili di sekitar area pasar senggol, tak jauh dari tumpukan sampah mengaku kesal akibat bau menyengat dari tumpukan sampah yang sangat mengganggu.

“Tumpukan sampah itu sangat mengganggu, baunya sangat menyengat. Ini bisa mengganggu kesehatan warga kalau tak dibenahi cepat,” kesal Azwar, saat ditemui di sekitar tumpukan sampah, Mingggu (17/3/2019).

Menurutnya, tumpukan sampah yang berserakan diakibatkan tong sampah yang disediakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sudah tak mampu menampung sampah-sampah, baik sampah dari rumah tangga maupun lainnya.

Hal itu, kata dia, diperparah karena mobil pengangkut sampah dari DLH tidak bisa masuk mengambil sampah karena terhalang tenda pedagang yang terpasang.

Sementara Ketua RT setempat, Muh. Amin Koppe, mengakui sudah beberapa kali melakukan pendekatan persuasif dengan penjual di dalam pasar senggol untuk membuka tendanya sehabis menjual agar mobil sampah leluasa masuk mengambil sampah yang ada dibelakang tenda.

“Bahkan sudah berulang kali kami menegurnya (penjual) tapi tidak digubris,” kesalnya.

Hal itu pun disesalkan Ketua Forum Komunitas Hijau (FKH), Bachtiar Syarifuddin. Seharusnya, kata dia, Lurah Ujung Sabbang reaktif terhadap kebersihan lingkungannya.

Disamping sebagai pemimpin garda terdepan juga sebagai ujung tombak Pemerintah Kota, tumpukan sampah di kampung nenne, senggol merupakan Kampung leluhurnya Walikota Parepare HM Taufan Pawe semasa kecil.

“Kami (FKH) segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membereskan tumpukan sampah tersebut dan saya ucapkan terima kasih kepada media yang cukup peka dalam mengintai timbulan sampah di setiap sudut-sudut kota,” imbuhnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Parepare, Samsuddin Taha, yang dihubungi melalui pesan WhatsApp mengatakan, kondisi tersebut akan dikoordinasikan dengan Dinas Perdagangan,” singkatnya. (Rik/Ardi)

Related posts