oleh

Oknum Pegawai Dinas PU Parepare Diduga Pungli Pengurusan IMB

CYBERPARE.COM, PAREPARE — Diduga pungutan liar (Pungli) dilakukan oknum pegawai Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Parepare, terkait pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah tinggal.

Salah seorang warga Parepare, inisial AS, mengaku resah dengan sikap oknum pegawai Dinas PU Kota Parepare, yang terkesan mempersulit pengurusan IMB rumah tinggal.

“Saya urus IMB rumah tinggal, namun terkesan dipersulit oleh oknum pegawai yang ada di kantor PU,” ujarnya, Jumat (10/5/2019).

Tidak hanya itu, lanjut dia, saat berkas yang diminta lengkap dan diverifikasi. Oknum pegawai PU ini bahkan melakukan praktik pungutan liar dalam pengurusan IMB rumah tinggal miliknya.

“Tiga kali pulang balik ke rumah, alasannya harus bayar Rp2,4 juta kalau mau selesai itu IMB rumah tinggalku. Tapi karena tidak saya kasih, jadi dia (oknum pegawai PU) kasih turun jadi Rp1,7 juta, baru caranya seakan memaksa. Terpaksa saya kasih,” jelasnya.

“Pada hal tertera dalam berkas pengurusan hanya sekitar Rp800 ribu, dan itu pun mesti dibayar langsung di Bank, bukan perantara. Ini yang kami sesalkan dengan sikap oknum itu,” bebernya.

Menurutnya, modus oknum pegawai PU itu meminta uang warga yang mengurus IMB, dengan cara mencari-cari kesalahan administrasi hingga memperlambat berkas pemohon.

“Sempat saya tanya siapa minta uang, dia (oknum pegawai PU) bilang, ini perintah atasan,” kata dia.

Kepala Dinas PU Kota Parepare, Laeteng, dicoba dikonfirmasi terkait dugaan pungli yang dilakukan oknum pegawainya. Namun hingga berita ini diturunkan belum bisa menjawab. (di)