oleh

RSUD Parepare Gelar TOR Pelatihan Teknik Aseptik

CYBERPARE.COM, PAREPARE — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, menggelar Term Of Reference (TOR) pelatihan teknik aseptik dispensing sediaan steril, di Aula rumah sakit, Jumat (10/5/2019).

In house training itu menghadirkan dua narasumber tenaga ahli dari instalasi farmasi RSUD Andi Makkasau, yaitu Mansur,S.Farm,Apt dan Armanto,AmdF, melibatkan peserta tenaga farmasi dan perawat.

Kepala Bagian Infokom RSUD Andi Makkasau Kota Parepare, Hj Farida mengatakan, Aseptik adalah keadaan bebas dari mikroorganisme penyebab penyakit. Karena itu, mesti dilakukan upaya teknik aseptik sebagai langkah pencegahan.

“Tindakan antisepsis untuk mengurangi atau menghilangkan mikroorganisme yang terdapat pada permukaan benda hidup atau benda mati. Yang meliputi antisepis, desinfeksi dan sterilisasi,” jelasnya.

Tujuan pelatihan teknik aseptik, lanjut Hj Farida, agar para peserta mampu menyiapkan sarana dan prasarana serta melaksanakan pelayanan dengan baik. Sekaligus mampu melaksanakan review terhadap obat-obat yang akan dilakukan pencampuran secara aseptik dispensing.

“Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan keterampilan dan pemahaman tenaga perawat dalam melaksanakan pencampuran obat injeksi dengan teknik aseptik,” jelasnya. (Ad)