oleh

Cegah Virus Monkeypox, Karantina Pertanian Parepare Perketat Dokes Hewan

PAREPARE, CYBERPARE. – Dalam rangka upaya mencegah penyebaran virus monkeypox atau cacar monyet, maka Stasiun Karantina Pertanian kelas satu Parepare memperketat pemeriksaan terhadap dokumen kesehatan (Dokes) hewan yang dibawa oleh para penumpang kapal di pelabuhan nusantara Parepare, Senin, 20 Mei 2019.

Setiap hewan yang dibawa penumpang, diperiksa oleh petugas Stasiun Karantina Pertanian kelas 1 Parepare untuk memastikan, hewan yang dibawa para penumpang tersebut, disertai dengan dokumen kesehatan dari karantina pertanian daerah asal.

Sebagian besar hewan yang dibawa oleh penumpang kapal merupakan ayam dan burung yang akan dijadikan oleh-oleh terhadap keluarga di kampung halamannya.

Meski belum ditemukan penyebaran virus cacar monyet di kota parepare , stasiun karantina pertanian kelas satu parepare tetap memperketat pemeriksaan dokumen kesehatan terhadap hewan yang dibawa oleh penumpang dari daerah seberang.

“Sebelum isu penyebaran virus cacar monyet atau monkeypox, kami rutin melakukan pemeriksaan kepada penumpang yang membawa hewan di pelabuhan nusantara kota Parepare” tutur Wahyu, petugas Stasiun Karantina Pertanian kelas 1 Parepare.

Sebelumnya, masyarakat sempat digegerkan tentang penyebaran virus cacar monyet atau monkeypox, setelah salah seorang pria berkewarganegaraan nigeria yang masuk ke singapura dinyatakan positif mengidap penyakit cacar monyet, dan membuat sejumlah masyarakat Singapura ikut terinfeksi penyakit tersebut.(pcl/Cyberpare)