Kejaksaan Segera Sita Aset Pribadi dr Yamin, Pulihkan Kerugian Keuangan Negara

PAREPARE, CYBERPARE.Com, — Guna memulihkan kerugian keuangan negara, Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare segera melakukan penyitaan aset pribadi milik dr Muh Yamin, yang merupakan staf ahli di Pemkot Parepare,

Ini disampaikan Kasi Pidum Kejari Parepare, Idil, usai memeriksa mantan Plt Direktur RSUD Andi Makkasau (dr Yamin) itu, di ruangan pidana khusus (Pidsus), Rabu (19/6/2019).

“Segera kita lakukan penyitaan aset tersangka dr Yamin, sebagai upaya pemulihan kerugian keuangan negara,” katanya.

Dari hasil penyidikan, lanjut dia, ditemukan fakta baru bahwa ada distributor yang mengajukan penagihan hutang obat, sedangkan surat perintah membayar (SPM) nya telah dicairkan. Artinya ada pencairan SPM, tapi dananya tidak sampai ke Pabrik Besar Farmasi (PBF).

“Dari fakta baru yang didapatkan, diduga kerugian keuangan negara terkait kasus hutang obat RSUD Andi Makkasau naik dari Rp2,3 miliar menjadi Rp3 miliar lebih. Jadi kerugian keuangan negara menjadi Rp3 miliar lebih karena fakta baru yang kita dapatkan ini,” jelasnya.

Sebelumnya, dr Yamin telah dipanggil Kejaksaan Parepare terkait dengan pengembangan beberapa jawaban di BAP dan terkait dengan aset tersangka, guna dilakukan pemulihan kerugian keuangan negara.

Diketahui, dt Yamin telah melunasi hutang obat di RSUD Andi Makkasau, dan membayar secara langsung ke distributor.

“Semua tunggakan di distributor sudah saya bayarkan sebesar Rp2,3 miliar,” beber dia. (Ad)

Related posts

Leave a Comment