oleh

Bupati Pinrang Irwan Hamid Hadiri Pesta Panen di Desa Palie

CYBERPARE.COM, PINRANG — Pesta Panen yang digelar oleh masyarakat Desa Palie yang dilangsungkan di Lapangan Sepak Bola Barangpalie, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang. Rabu, 4/12/2019

Pesta Panen yang merupakan tradisi masyarakat petani Bugis sebagai wujud kegembiraan dan rasa syukur atas hasil panen yang telah dicapai.

Walaupun situasi pada saat awal musim tanam hingga jelang panen berada pada musim kemarau, masyarakat Lanrisang tetap dapat melakukan panen dengan hasil yang cukup memuaskan. Dikatakan petani di Barang Palie dapat menghasilkan panen padi mencapai 8,7 ton/ha di areal 560 Ha.

Pesta panen yang digelar masyarakat Kecamatan Lanrisang semakin berkesan dengan kehadiran Bupati Pinrang, Irwan Hamid dan Wabup, Alimin yang berbaur dengan masyarakat setempat.

Bupati Irwan Hamid, Wabup Alimin dan Kapolres Pinrang AKBP. Bambang Suharyono berkesempatan untuk melakukan tradisi Mappadendang dan sensasi Mattojang.

“Kita harus senantiasa bersyukur, bagi orang yang selalu bersyukur, Insya Allah rezeki terus bertambah,” kata Irwan Hamid.

Bupati Pinrang Irwan Hamid juga merasa bersyukur atas hasil panen yang dicapai khususnya masyarakat Lanrisang. Bupati mengutarakan, rasa syukur adalah suatu keharusan.

Pesta Panen ini sebagai wujud melestarikan nilai budaya yang ada ditengah masyarakat, nilai budaya pada pesta panen ini dilakukan, kata Bupati, sangat baik sepanjang kegiatan tersebut tidak melenceng dari ajaran agama.

Mattojang sendiri adalah main ayunan dengan tinggi yang tidak biasa. Yang kerap kita temui tiang ayunan hanyalah setinggi dua hingga tiga meter, kali ini tingginya sampai 11 meter.

Agar bisa berayun-ayun di udara, untuk menekannya juga pakai tali yang dikendalikan dua orang yang memegang masing-masing ujung tali. (uk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *