oleh

Bupati Nunukan Minta OPD Responsif Terhadap Kedatangan BPK RI

CYBERPARE.COM. NUNUKAN – Meski Pemerintah Kabupaten Nunukan telah 4 kali berturut-turut menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid minta jajaran OPD tetap responsif terhadap kedatangan tim pemeriksa BPK RI Perwakilan Kalimantan Utara. Ia berharap OPD dapat berperan aktif atas apa yang dibutuhkan tim pemeriksa.

“Jadi saya minta kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar tidak meninggalkan tempat dengan kata lain tidak Dinas Luar selama 21 hari”, tegas Hj. Asmin, Kamis (6/2) pada Entry Meeting Pemeriksaan Interim di Ruang VIP Pertemuan Kantor Bupati Nunukan

Jika tidak ada hal yang mendesak hendaknya tidak tugas luar. Para kepala OPD ataupun camat-camat yang bergerak atau meninggalkan tempatnya harus atas ijin dari bupati dan harus jelas alasannya seperti apa. “Karena ini sangat penting sekali dalam pelaksanaan Pemeriksaan BPK RI Perwakilan Kalimantan Utara”, tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Provinsi Kalimantan Utara Agus Priyono menyampaikan tujuan pemeriksaan interim ini yaitu memantau TLHP tahun-tahun sebelumnya, menilai efektifitas SPI dan kepatuhan terhadap perundang-undangan serta memperoleh data dan informasi untuk pengembangan perencanaan pemeiksaan LKPD Tahun Anggaran 2019, serta pengujian substantial terbatas atas transaksi/ saldo akun-akun tertentu (test of Detail Balance Sheet/ ToDB) untuk menilai kewajaran saldo dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dengan prioritas pada akun Kas, Belanja Modal, Belanja berjasa dan Aset Tetap.

“Sasaran pemeriksaan interim yang dilakukan ini sebagai wujud tindak lanjut hasil pemeriksaan sebelumnya, Updating pemahaman SPI Entitas dan Proses Bisnisnya, siklus trangsaksi beserta resikonya, Pengnggaran, Pengolaan Pendaatan, Belanja, Aset dan kewajiban Pelaporan Keuangan, serta menilai kehandalan pengendalian, kewajaran saldo terbatas dan Kepatuhan”, tambah Agus Priyono.

Agenda Entry Meeting dihadiri dari seluruh jajaran pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan mulai dari Sekretaris daerah hingga Camat-Camat se-Kabuaten Nunukan. (HBM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed