oleh

Setelah 10 Jumat Absen, Masjid Raya Parepare Jumatan

CYBERPARE.COM, Parepare – Jika selama ini 10 Jumat absen dengan tidak melaksanakan shalat Jumat sejak pandemik Covid-19 merebak, Jumat (29/5) Masjid Raya yang berada di pusat Kota Parepare ‘berani’ menggelar shalat Jumat.

Tidak tanggung-tanggung pembawa khutbahnya adalah sosok ustadz yang menentang jika masjid ditutup selama wabah virus Corona yaitu H. Rahman Saleh. Kemudian ketika shalat akan dimulai tak disangka-sangka jamaah cukup banyak yang datang dan hampir memenuhi masjid terbesar di Kota Parepare itu setelah Masjid Agung Parepare.

Seusai shalat jumat, beberapa tokoh masyarakat menganggap ini suatu keberanian dengan menentang himbauan pemerintah. “Ini merupakan prakarsa para jamaah yang selalu shalat berjamaah dan bukan dari pengurus masjid,” ujar H. Latif yang diamini Andi Asrida dan Iqbal Rahim.

Para jamaah ini, menurut H. Latif, sehingga shalat jumat tersebut terselenggara. Mereka juga yang mencarikan pembawa khutbah dan sebagai imam. Bahkan mereka juga patung-patungan menalangi pembawa khutbat dan imamnya tanpa melibatkan pengurus masjid.

Cukup menarik dari isi ceramah dari Ustadz Rahman Saleh bahwa merebaknya Corona adalah ujian dari keimanan dan keislaman kita. Kalau kita bercermin ke daerah Aceh maka daerah itulah yang banyak terpapar virus Corona.
Pasalnya, Aceh itu di bulan Ramadhan masjid-masjidnya terbuka melaksanakan shalat tarwih. Namun kenyataannya, Aceh yang paling sedikit warganya terkena positip Corona. (takdir).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed