oleh

TKI Deportasi Dari Malaysia Dirapid Tes dan Dipulangkan Kedaerah Asal

CYBERPARE.COM,NUNUKAN, – Pemerintah Malaysia melakukan deportasi ke Indonesia wilayah Nunukan, sebanyak 325 orang warga negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Tawau, Malaysia melalui Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Kalimantan Utara, Kamis (3/6/2020).

Kepala BP3TKI Nunukan, Kombes Pol Hotma Victor Sihombing mengatakan, untuk deportasi selama wabah covid ada, baru pertama kali pemerintah Malaysia melakukan deportasi terhadap WNI yang telah menjalani masa hukuman. Namun sebelumnya telah pernah dilakukan pemulangan terhadap WNI, namum bukan status deportasi.

“Deportasi ini sebanyak 325 orang dari Tawau, Malaysia. Semua WNI telah menjalani masa hukuman dan telah dibebaskan oleh pemerjntah Malaysia, WNI yang dideportasi ini tidak lagi ditampung di Nunukan, namun langsung diberangkatkan ke kampung halaman masing-masing,” kata Kombes Pol Hotma Victor Sihombing Kepala Bp3tki.

Lanjut Hotma, Para deportan ini berasal dari berbagai daerah ada dari Sulawesi Selatan, NTT, Jawa Timur dan NTB. Kesemua WNI dipulangkan menggunakan kapal laut KM Thalia menuju Pelabuhan Parepare. Selanjutnya saat tiba di Parepare akan disambut BP2MI Makassar untuk dibawa ke daerah asal.

Sebelum diberangkatkan menggunakan KM Thalia, para deportan telah menjalani pemeriksaan kesehatan baik di Tawau, Malaysia dan saat tiba di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan. Seperti di Nunukan WNI dilakukan rapid tes sebelum, diantar naik kapal untuk diberangkat ke Pelabuhan Parepare.

Deportan yang dipulangkan sebanyak 325 orang, tahap pertama sebanyak 244 orang. Untuk tujuan Sulawesi Selatan sejumlah 213 orang, NTT 21 orang, NTB 4 orang, Jawa timur 5 orang. Sementara tahap kedua diberangkatkan deportan sebanyak 81 orang yang memiliki tujuan akhir Kalimantan Timur. (Anto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed