Ritual “Mappanre Tasi” di Desa Tonyaman

POLMAN, Cyberpare.com — Ritual melarung Atau “mappanre Tasi” didusun Kampung Baru Desa  Tonyaman Kecamatan Binuang diadakan kerukukan Keluarga nelayan  Kampung Baru , adalah Ritual yang sudah menjadi agenda tahunan bagi warga nelayan Kampung Baru Desa Tonyaman

Kali ini kegiatan Mappanre tasi bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Pemkab Polman, acara ini ramai dihadiri Pejabat teras Kabupaten  Polman, Bahkan Bupati Polewali Mandar  Andi Ibrahim bersama Sekertaris Kabupaten (Sekda) dan Para Asisiten pun hadir dalam acara ini.

Acara yang dilaksanakan Disamping Rumah  Kepala Dusun kampung Baru Rabu 24 januari ini berjalan cukup khidmat dan dihadiri Para Tokoh agama dan toko masyarakat serta semua masyarakat Nelayan dusun kampung baru Tonyaman,mereka hadir menyaksikan jalannya prosesi ritual melarung.

Dalam Prosesi melarung ini ada sebahagian Makanan khusus yang disimpan diatas Perahu Perahu kecil yang diisiapkan Panitia untuk dihanyutkan  ditengah laut ditiga titik yang dianggap warga, tiga ttitik itu adalah tempat ikan berkumpul.

“Mappanre Tasi ini memang sudah menjadi Agenda Tahunan bagi para Warga nelayan di Kampung Baru, dan jadwalnya sudah jelas untuk dilakukan, karena  itu sudah menjadi Budaya dan Tradisi warga disini dalam merayakan kesukuran atas Nikmat dan Reski yang diberikan sang pencipta melalui laut yang menjadi ciptaanya” ungkap Jalal.

Dari kebiasaanya, ketika kegiatan ini tidak segera dilaksanakan dibulan ini maka muncul Berbagai musibah yang terjadi, salah satunya sering kita diperlihatkan Mahluk air( Buaya) dan sebagainya sebab nenek moyang kita sudah pernah merasakannya  dulu sehingga kita anak cucu yang sekarang ini harus juga merayakan, ungkapnya.

Bupati Polewali Mandar Andi ibrahim Masdar mengatakan kegiatan Mappanre Tasi ini kedepan akan digelar seramai mungkin yang layaknya pesta nelayan yang ada dipolman, sebab saya melihat pada perayaan kali ini cukup sederhana saja.

“Agrndanya akan kita masukkan,  dikalender tahunan Pariwisata kita akan perintahkan Dinas Pariwisat untuk mendesain seramai mungking sekaligus menggelar Lomba Lomba berbasis nelayan biar warga nelayan betul betul menikmati apa yang selama ini menjadi kegiatan setiap harinya, dan inikan juga salah satu wisata Pantai yang dapat dipromosikan” terang Ibrahim.

Kepala dinas Pariwisata Dan pemuda Olahraga ( Dispop) Polman  Hj.Andi Nursami menyatakan kesiapannya untuk pesta nelayan ini akan dibuat seramai mungkin agar warga nelayan dikampung Baru disamping mensyukuri hasil tangkapan  juga sedikit terhibur  maka dari itu kita akan persiapkan segala sesuatunya untuk menyambutnya biar kelihatannya sudah tidak sederhana sesuai harapan Bupati Polman.(Erwin / Effendy)

Mungkin Anda juga menyukai

Lewat ke baris perkakas