RSUD Siaga Rujukan Pasien DBD Dimusim Pancaroba 

PAREPARE, Cyberpare.com — Pihak RSUD Andi Makkasau Parepare melalui Bagian Informasi dan Komunikasi (Infokom) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau mengantisipasi sejumlah rujukan dari Puskesmas di Parepare terhadap kemungkinan mumculnya penyakit Demam Berdarah selama menghadapi Musim Panca Roba.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Infokom RSUD. Andi Makkasau, Hj.Mukaramah, Ia menjelaskan, secara umum gejala DBD biasanya diawali dengan demam usai digigit nyamuk yang terinfeksi. Kemudian muncul ruam di bagian tubuh, 3 sampai 4 hari setelah demam. Olehnya kita mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penyakit Demam berdarah dengue (DBD), yang disebabkan virus dengue yang dibawa nyamuk. Penyakit ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun, apalagi dikondisi penghujan yang tidak menentu seperti saat sekarang ini.

“Jika masyarakat memiliki gejala yang dimaksud, kita sarankan untuk konsultasi dan periksa ke Dokter, baik di Puskesmas maupun di rumah sakit,” harapnya.

Kasubid Humas RSUD Andi Makkasau, Farida mengatakan, ada beberapa poin yang harus diketahui masyarakat untuk mencegah penyakit tersebut. Misalnya menjaga perilaku masyarakat, baik di kediamannya maupun di lingkungannya.

“Untuk mencegah dan mengatasi DBD, sebaiknya masyarakat merubah gaya hidupnya. Seperti, membiasakan diri membersihkan genangan air, tidak menumpuk sampah dan utamanya biasakan hidup pola sehat,” ungkapnya.

Dia juga menyarankan, agar puskesmas rutin melakukan sosialisasi di tengah masyarakat, guna mengantisipasi dan mencegah DBD merajalela menyerang.(Chulk / Effendy)

Mungkin Anda juga menyukai

Lewat ke baris perkakas